images

Kapan Waktu yang Tepat Oper Gigi 1 pada Mobil Transmisi Manual?

Mengendarai mobil transmisi manual memang tidak hanya membutuhkan keterampilan, tapi juga perlu melibatkan rasa.

 

Pengendara mobil manual perlu memahami kapan waktu yang tepat menggunakan gigi rendah, kapan waktunya mengoper ke gigi yang lebih tinggi. Semua itu akan terbiasa seiring dengan praktik mengemudi yang dilakukan.

 

Seperti halnya gigi 1 pada transmisi manual, itu ternyata ada cara mainnya; kapan waktu yang tepat menggunakannya dan kapan dilarang menggunakannya.

 

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan ada waktu-waktu yang tepat untuk menggunakan gigi 1, itu akan membuat pengendara lebih mudah mengendarai mobil manual.

 

“Melihat dari fungsinya, gigi 1 merupakan roda gigi yang menghasilkan putaran yang paling pelan tapi memiliki momentum yang tinggi, jadi pantas digunakan untuk mengawali laju kendaraan dari posisi berhenti,” ucap Ibrohim .

 

Dia mengatakan gigi 1 sebaiknya digunakan bila memang kendaraan sudah berhenti atau akan mulai jalan saja atau jika dikonversikan ke dalam satuan kecepatan 0 - 15 Km per jam.

 

“Mengendarai mobil manual itu butuh lebih banyak hal yang diperhatikan, kalua harus sampai menghapal gigi 1 untuk kecepatan berapa sampai berapa, terus harus melihat speedometer dan kondisi jalan, itu tidak mudah bagi sebagian orang,” ucap Ibrohim.

 

Dia mengatakan perlu disederhanakan yaitu dengan mengartikan kegunaan gigi 1 hanya bila kendaraan berhenti.

 

“Jadi selama mobil masih melaju ya cukup gigi 2 saja, gigi 1 tidak usah dipikir,” ucap Ibrohim.

 

Dia mengatakan bahkan bila saat sedang nanjak, jika tidak kepepet maka tidak disarankan pasang gigi 1.

 

“Bergantung beban dan tanjakan, bisa sampe gigi 1 kalau benar-benar tanjakan terjal disertai penumpang penuh, tapi umumnya sampai di gigi 2 saja cukup,” ucap Ibrohim

 

Jadi, waktu yang paling tepat menggunakan gigi 1 adalah ketika posisi kendaraan masih berhenti sampai jalan pelan atau kecepatannya setara 15 Km per jam.

 

Sumber:kompas.com

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Merawat Kendaraan Jadi Mudah